Prodi Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Menyongsong Akreditasi

0
82

Setahun sudah Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar berdiri. Bulan Oktober 2017 lalu, prodi ini menerima mahasiswa baru dan melaksanakan perkuliahan untuk pertama kali. Sekarang, saatnya Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister akan diakreditasi.

”Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia program magister ini sudah menjalankan perkuliahan selama 3 semester. Tahun ini prodi akan mengirimkan borang akreditasi sebagai bentuk laporan kinerja selama setahun ini kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI),” ujar Dr. Yulia Esti Katrini, M.S., koordinator prodi.

Saat rapat kerja penyusunan borang akreditas Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister pada 7-8 Desember 2018 lalu di Hotel Grand Quality Yogyakarta, Dekan FKIP Untidar memberikan pengarahan seputar program magister ini. ”Peraihan akreditasi B di tingkat institusi akan menjadi kabar yang baik bagi Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia juga. Semoga hal ini bisa menjadi sumber materi yang baik untuk menyusun borang akreditasi program magister,” tutur Prof. Dr. Sukarno, M.Si., Dekan FKIP Untidar.

”Materi untuk mengisi borang program magister dapat melihat dari universitas. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahasanya agar tidak terjadi plagiasi. Mohon perihal ini juga dicermati semua penyusun borang,” kata Dr. Bambang Kuncoro, M.Si., Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Untidar saat membuka acara Rapat Kerja Penyusuan Borang Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister FKIP Untidar lalu di depan seluruh penanggung jawab penyusunan borang, yaitu Dosen PBSI. Beliau juga turut mengapresiasi langkah FKIP yang telah memiliki program magister pertama kali di Untidar.

Borang akreditasi program magister terdiri atas dua buku, yaitu buku borang 3A yang berisi informasi seputar prodi dan buku 3B yang berisi informasi seputar universitas. Setiap borang buku terdiri atas 7 standar yaitu: visi misi, tata kelola, mahasiswa, sumber daya manusia, kurikulum, keuangan, dan penelitian-pengabdian. Selain itu, prodi juga harus mengunggah borang evalusi diri sebagai rangkuman dan refleksi buku 3A dan 3B.

Semoga Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister ini mendapatkan hasil akreditasi yang baik. (WJ)

NO COMMENTS