Ketentuan Umum

  1. Bagi pelamar Program Magister (S-2) Memiliki Ijazah S-1 jurusan dari PTN atau PTS dalam atau luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemristekdikti yang serumpun dengan jurusan S-2 yang akan dimasuki.
  2. Berindeks Prestasi minimal 2,75 atau berpengalaman kerja yang memadai.
  3. Mengikuti seleksi masuk PPs FKIP UNTIDAR.
  4. Sehat Jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan program studi pilihan.
  5. Sanggup matuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNTIDAR, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Prosedur Pendaftaran
Peserta tes diharuskan mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Menyiapkan file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
2. Membuka situs http://pps.fkip.untidar.ac.id
3. Mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran.
4. Mengunduh dan mengisi surat rekomendasi, surat izin dari pimpinan, surat keterangan sumber pembiayaan, dan atau surat keterangan berpengalaman kerja.
5. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran secara manual dengan datang langsung ke sekretariat PMB Universitas Tidar.
6. Menyerahkan formulir pendaftaran dan kelengkapan berkas kepada petugas pendaftaran.
7. Mencetak kartu tes yang diakses dari situs pendaftaran. Sebelum mencetak peserta wajib mengunggah (upload) file pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
8. Memeriksa lokasi pelaksanaan tes tertulis sesuai dengan denah yang tertera pada kartu tes.

Kelengkapan Berkas
(harus dibawa pada saat melakukan pendaftaran)
1. Salinan ijazah dan transkrip akademik S-1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 Lembar.
2. Pas photo berwarna kertas dof ukuran 3 x 4 sejumlah 2 lembar.
3. Surat rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang pernah membimbing/mengampu —> unduh disini
4. Surat izin dari pimpinan instansi/lembaga tempat bekerja—> unduh disini
5. Surat keterangan sumber pembiayaan—> unduh disini
6. Surat keterangan berpengalaman kerja yang memadai dari pimpinan tempat bekerja bagi pendaftar ber-IPK di bawah 2,75 —> unduh disini
7. Berkas-berkas sebagaimana disebut pada poin 1 s.d. 6 dimasukkan dalam stopmap warna biru diberi identitas nama dan program studi diserahkan kepada petugas pendaftaran.

Tes Tertulis dengan materi :

  • Tes Potensi Akademik (TPA),
  • Bahasa Inggris,
  • Tes Kemampuan Bidang.

Pendaftaran dan Biaya

Masa Pendaftaran 1 Juli s.d. 24 Agustus 2019
Seleksi 26 Agustus 2019
Pengumuman 29 Agustus 2019
Registrasi 2 s.d 7 September 2019
Matrikulasi dan Orientasi Studi 9 s.d 11 September 2019
Biaya Pendaftaran Rp 250.000
Biaya Matrikulasi, Orientasi Studi, Stadium General, dan Jaket Almamater Rp 750.000
Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Rp 4.000.000/semester
Sarana Pendidikan (Sardik)

 

Rp 2.000.000/ semester (selama mengikuti perkuliahan teori)
Sumbangan Pengembangan Lembaga (SPL) Rp 2.000.000