Profil

Latar Belakang

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 279/KPT/I/2017. Pendirian program studi ini bertujuan memperkuat dan mendukung peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik, khususnya guru bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan menengah, pengawas, dan calon dosen program studi pendidikan bahasa Indonesia program sarjana.

Visi Program Studi

Program studi pengembang ilmu pendidikan bahasa Indonesia yang berbasis riset, berwawasan literasi dan TIK yang mampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2030

Misi Program Studi

  1. Mengembangkan pendidikan bahasa Indonesia yang didasari pendekatan riset dalam suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan agama.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang didasari wawasan literasi dan TIK.
  3. Mengembangkan jejaring dalam skala nasional dalam mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi yang mendukung pengembangan pribadi mahasiswa dan dosen menjadi ilmuwan yang berjiwa pendidik, peneliti, pengembang wirausaha dan ipteks.
  4. Mengembangkan tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan dengan karakteristik sebagai berikut.
  2. Memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma keilmuan dan pengajaran bahasa Indonesia.
  3. Memiliki keterampilan pokok dalam melakukan interaksi atau negosiasi dalam pengajaran bahasa Indonesia.
  4. Memiliki kecakapan akademik dalam merespons tantangan dan permasalahan pendidikan bahasa Indonesia sehingga dapat menjawab perubahan-perubahan dunia di bidang pendidikan.
  5. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diimplementasikan secara nyata di bidang pendidikan bahasa Indonesia dan dapat dipublikasi dalam skala nasional dan internasional.
  6. Terealisasinya kerjasama dengan pemangku kepentingan baik institusi pendidikan maupun nonpendidikan dalam skala nasional di bidang pengembangan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan mutu SDM.
  7. Menghasilkan sistem tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

Profil Lulusan

  1. Guru bahasa Indonesia jenjang sarjana, diploma, SMA/MA/SMK, SMP/MTs, dan
    orang asing
  2. Peneliti bahasa, susastra Indonesia, dan pengajarannya
  3. Pengembang kebijakan pendidikan bahasa Indonesia