Profil

Latar Belakang

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 279/KPT/I/2017. Pendirian program studi ini bertujuan memperkuat dan mendukung peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik, khususnya guru bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan menengah, pengawas, dan calon dosen program studi pendidikan bahasa Indonesia program sarjana.

Visi

Program studi pengembang ilmu pendidikan bahasa Indonesia yang berbasis riset, berwawasan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK), dan berjiwa wirausaha yang mampu bersaing secara nasional pada tahun 2030

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister FKIP UNTIDAR adalah sebagai berikut.

  1. Mengembangkan pendidikan bahasa Indonesia yang didasari pendekatan riset dalam suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan agama.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia yang didasari wawasan TIK dan berorientasi pada hilirisasi ke dunia usaha dan industri.
  3. Mengembangkan jejaring skala nasional dalam mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi yang mendukung pengembangan pribadi mahasiswa dan dosen menjadi ilmuwan yang berjiwa pendidik, peneliti, pengembang wirausaha dan ipteks.
  4. Mengembangkan tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

Tujuan

Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister FKIP UNTIDAR bertujuan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan dengan karakteristik sebagai berikut.
  2. Memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma keilmuan dan pengajaran di bidang bahasa-susastra Indonesia.
  3. Memiliki keterampilan pokok dalam melakukan interaksi atau negosiasi dalam pengajaran bahasa Indonesia.
  4. Memiliki kecakapan akademik dalam merespon tantangan dan permasalahan di bidang pendidikan bahasa Indonesia sehingga dapat menjawab perubahan-perubahan dunia di bidang pendidikan.
  5. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang hasilnya dapat diimplementasikan secara nyata pada bidang pendidikan bahasa Indonesia, dapat dipublikasi dalam skala nasional dan internasional, dan dihilirisasi pada dunia usaha dan industri.
  6. Merealisasikan kerja sama dengan stake holder baik institusi pendidikan maupun nonpendidikan dalam skala Asia Tenggara di bidang akademik, kolaborasi penelitian, dan kerja sama implementasi hasil penelitian.
  7. Menghasilkan sistem tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

Profil Lulusan

  1. Pengajar bahasa Indonesia jenjang sarjana, diploma, SMA/MA/SMK, SMP/MTs, dan orang asing
  2. Peneliti bahasa, susastra Indonesia, dan pengajarannya
  3. Pengembang kebijakan pendidikan bahasa Indonesia